Tuesday 12 April 2016

Indahnya Pesona Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Terpanjang Dan Mempesona Di Bengkulu


Artikel ini menjelaskan salah satu pantai yang cukup terkenal di Pulau Sumatera, yaitu Pantai Panjang Bengkulu, yang merupakan pantai terpanjang dan mempesona yang berada di Provinsi Bengkulu.

Indonesia memang tidak kalah cantiknya dengan negara-negara lain yang ada di luar negeri, terutama dalam keindahan pantainya. Indonesia yang diapit dua samudera yaitu samudera Hindia dan samudera Pasifik memberikan keindahan tersendiri bagi setiap pantai yang berbatasan dengan daerah-daerah di Indonesia. Salah satu pantai indah itu adalah Pantai Panjang Bengkulu. Dari namanya, Anda pasti sudah tahu bahwa pantai ini terletak di provinsi Bengkulu.

Pantai Panjang Bengkulu, Pantai Terpendam Di Indonesia
Bengkulu merupakan provinsi yang juga memiliki garis pantai yang tegas dengan keindahan pantai nya. pantai panjang bengkulu ini terdapat di kota Bengkulu, ibukota provinsi Bengkulu. Dinamakan demikian karena pantai ini memiliki garis pantai yang sangat panjang mencapai 7 km dan lebar pantai (garis pasang dan garis surut) sekitar 500 meter. Hal ini terjadi karena di sekitar pantai tidak terdapat karang sehingga saat air laut pasang membuat hamparannya menjangkau sangat jauh ke dalam pantai.

Pantai Panjang Bengkulu memiliki keindahan yang berbeda dengan pantai lainnya. Keistimewaannya terletak pada pasir nya yang putih dan berbulir sangat halus serta luas dan landai. Keunikan yang lain yang ditawarkan pantai ini adalah pantai ini tidak dikelilingi oleh pohon kelapa seperti pada pantai umumnya, melainkan pantai ini dikelilingi oleh pohon pinus dan cemara. Pohon ini menambah kesejukan suasana di sekitar pantai.

Kebanyakan para pelancong yang berkunjung ke pantai ini suka menghabiskan waktu dengan berjemur di bibir pantai dan saat yang paling ditunggu adalah menikmati sunset di sore hari. Dari pantai ini, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lain seperti Danau Dendam Tak Sudah yang berjarak 5 km dari pantai ini atau mencoba memetik daun teh di perkebunan yang letaknya sekitar 60 km dari kota Bengkulu.

Kegiatan-kegiatan di pantai panjang bengkulu
Berlibur ke Pantai Panjang Bengkulu ini tidak hanya sekedar menikmati sunset, berjemur atau berenang di pantai nya. Ada beberapa aktivitas lain yang bisa Anda lakukan dan juga dilakukan oleh penduduk setempat. Beberapa aktivitas tersebut adalah :

Jalan santai di pasir putih di pantai ini akan sangat nyaman bagi kaki Anda. Bulir pasir yang halus membuat kaki Anda tidak kotor dan akan terasa lembut saat dipijak.
Bermain pasir, berenang dan memancing bisa dilakukan di pantai ini karena ombaknya yang tidak terlalu besar.

Camping di pinggir pantai di bawah pohon cemara. Pohon-pohon ini memberikan kesejukan tersendiri sehingga banyak turis yang suka mendirikan tenda di bawahnya.
Berolah raga. Di sepanjang pantai disediakan jogging track sehingga Anda bisa jogging dengan menikmati pemandangan pantai yang indah. Bagi Anda penggemar volley, Anda dapat bermain volley pantai di lapangan yang dibangun di atas pasir-pasir halus nan putih yang alami. Selain itu surfing juga bisa menjadi olahraga pilihan untuk menaklukkan ombak di pantai ini.

Berkeliling pantai dengan menggunakan jasa penyewaan sepeda dengan tarif 10 ribu per jam. Selain itu Anda juga bisa menggunakan becak mobil untuk berkeliling pantai di malam hari sambil menikmati keindahan warna warni lampu di pinggir pantai. Bahkan tersedia juga delman dan gajah  untuk berkeliling menikmati debur ombak pantai di saat akhir pekan.

Mengasyikkan sekali bukan, bisa melakukan banyak aktifitas di tepi pantai yang indah? Apalagi jaraknya yang hanya 4 km dari kota Bengkulu, menjadikan objek wisata yang satu ini mudah dijangkau wisatawan. Untuk Anda yang ingin menginap, bisa memanfaatkan hotel, cottage sebagai tempat untuk bermalam. Di Pantai Panjang Bengkulu ini juga tersedia fasilitas lain seperti restoran, kolam renang, tempat bermain anak-anak dan tempat parkir yang luas yang akan semakin membuat Anda nyaman berlibur di pantai ini.

No comments:

Post a Comment